Perbaikan, Identifikasi, Klasifikasi Jaringan

Cara Memperbaiki Masalah Koneksi Internet/Jaringan

Untuk mengatasi  masalah koneksi internet/jaringan yang tiba-tiba ngadat atau terputus, kita bisa menggunakan software yang bisa memperbaiki masalah koneksi internet/jaringan, namanya “Complete Internet Repair”.

Software gratis dan juga portable ini berfungsi mereset, merestore (mengembalikan ke pengaturan awal), membersihkan (clear) dan juga beberapa fitur perbaikan (repair) komputer yang berkaitan dengan jaringan/internet lainnya. Jadi software ini bisa menjadi solusi awal untuk memperbaiki masalah koneksi internet/jaringan.                             Beberapa fiturnya antara lain :

  • Reset Internet Protocol (TCP/IP)
  • Repair Winsock (Reset Catalog)
  • Renew Internet Connections
  • Flush DNS Resolver Cache
  • Clear Windows Update History
  • Repair Windows / Automatic Updates
  • Reset Windows Firewall configuration
  • Repair SSl/HTTPS/Cryptography
  • Restore the default hosts file
  • Repair Workgroup Computer View

Beberapa permasalahan yang bisa diperbaiki dengan tools ini, seperti misalnya:

  • Internet atau jaringan bermasalah setelah antivirus atau program security menghapus adware, spyware, virus, worm, trojan horse dan sebagainya
  • Kehilangan koneksi jaringan setelah menginstall atau uninstal adware,spyware,antisam, vpn, firewall atau program jaringan lainnya
  • Tidak bisa mengakses halaman website atau hanya bisa mengakses sebagian website saja
  • Muncul pesan error dengan keterangan bahwa jaringan (network) bermasalah
  • Tidak ada koneksi jaringan karena registry error
  • permasalahan dengan DNS (Domain name system)
  • Gagal (fail) ketika akan memperbaiki (repair) alamat IP atau error DHCP lainnya
  • Konektivias jaringan bermasalah dengan pesan informasi: limited or no connections
  • Windows Update tidak berjalan
  • ketika bermasalah untuk mengakses website dengan security misalnya internet banking
  • Internet explorer senantiasa error (crash)
  • berbagai masalah jaringan lainnya

Tips Mengatasi Permasalahan pada Jaringan LAN.

Langsung saja kita bahas langkah langkahnya :

1. buka Start RUN – ketik cmd

2. kemudian ketik pada command prompt : netsh reset winsock

3. Setelah itu anda bisa restart PC anda.

Setelah memakai cara tersebut PC saya dapat kembali dan dapat membaca network sesuai dengan harapan. dan dapat kembali online dengan lancar.

kenapa ini bisa terjadi?

Pengalaman IT Newbie jika anda sudah mempunyai satu driver modem untuk akses internet, gunakan 1 modem saja dan ternyata bila anda menginstall dengan modem yang berbeda, otomatis dengan driver yang berbeda maka driver tersebut terjadi corrupt dan windows tidak bisa mengenali driver dengan semestinya.

Identifikasi Masalah Pada Jaringan

Kerusakan atau kesalahan pada Jaringan sering disebabkan oleh koneksi (hubungan) yang tidak baik antar komponen dan tidak berfungsinya komponen dikarenakan sudah mati atau rusak.
Beberapa gangguan pada jaringan dalam sisi hardware:
1. hardware jaringan terganggu

Ada kemunggkinan gangguan pada perangkat jaringan, bisa diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya usia perangkat yang sudah tua.
cara untuk mengetahui apakah perangkat jaringan masih baik atau tidak yaitu dengan menggunakan tester jaringan.

Mengecek kabel jaringan dengan Tester.

Gambar

Klasifikasi Jaringan Komputer

1. Teknologi Transmisi

a. jaringan broadcast

memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket dan dikirimkan oleh suatu mesin kemudian diterima oleh mesin-mesin yang lainnya. Bagian alamat pada paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket ditujukan. Saat menerima sebuat paket, mesin akan cek bagian alamat, jika paket tersebut untuk mesin itu, maka mesin akan proses paket itu. Jika bukan maka mesin mengabaikannya.

b. jaringan point-to-point

terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk

pergi dari satu sumber ke tempat tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui banyak rute (route) yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma routing memegang peranan penting pada

jaringan point-to-point. Sebagai pegangan umum (walaupun banyak pengecualian), jaringan yang lebih

kecil dan terlokalisasi secara geografis cenderung memakai broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar umumnya mengunakan point-to-point.

2. Jarak

Jarak adalah hal yang penting sebagai ukuran klasifikasi karena diperlukan teknik-teknik yang berbeda untuk jarak yang berbeda seperti yang kita kenal dengan LAN, MAN, WAN dan Internet.

Klasifikasi Jaringan Komputer pembagian jenis-jenis jaringan komputer secara umum, yakni

  1. Local Area Network (LAN)
  2.  Metropolitan Area Network (MAN)
  3.  Wide Area Network (WAN)
  • Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan tidak jauh dari sekitar satu km persegi.

Dede Sopandi (2004,p.38) mengemukakan beberapa kemudahan menggunakan jaringan komputer LAN, sebagai berikut:

  1.   LAN menyediakan jaringan komunikasi berkecepatan tinggi pada komputer-komputer dan terminal-terminal yang dihubungkan satu sama lain dan terletak pada beberapa tempat yang terpisah dan biasanya tidak terlalu jauh, seperti bangunan kantor atau pabrik.
  2.  LAN memungkinkan suatu organisasi untuk menggunakan pengolahan data terdistribusi yang menggunakan PC yang dapat mengakses satu sama lain dan/atau ke komputer host.
  3.   LAN menyediakan resource sharing; pemakaian sumberdaya bersama (File, Printer, Modem, Faxmile).
  4.  LAN menyediakan information sharing; pemakaian bersama Program Aplikasi dan data yang tersimpan dalam suatu jaringan (server), sehingga dapat diakses bersama.
  5.   LAN menyediakan network access, dimana user dalam hal ini dapat mengakses jaringan yang lebih luas lagi atau yang lebih dikenal dengan Wide Area Network (WAN).
  • Metropolitan Area Network (MAN)

Sebuah MAN meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.

  • Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satellite, ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas Negara lain. Sebagai contoh, keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.Pada sebagian WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi tak langsung melalui router yang lainnya. Ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi 2 yaitu: 1. Berdasarkan Teknologi Transmisi Dari Teknologi Transmisi tersebut masih dibagi lagi menjadi 2 kelompok yaitu : a. Jaringan Broadcasting Memiliki saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama-sama oleh semua komputer seluruh jaringan tersebut. Pesan berukuran kecil yang disebut Paket , dikirim oleh satu komputer dan diterima oleh komputer lainnya. Di dalam paket tersebut terdapat beberapa informasi seperti alamat pengiriman, alamat penerima, ukuran paket, dan isi dari paket tersebut. Ada tida macam operasinya : One resource to one destination, dimana pengirim ditujukan hanya untuk satu komputer tertentu. Broadcasting, paket dikirimi ke semua tujuan yang ada Multicasting, paket dikirim ke satu subset dari komputer. 2. Berdasarkan Geografis Jaringan Komputer terbagi menjadi Jaringan Wilayah Lokal atau Local Area Network (LAN) , Jaringan Wilayah Metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN) dan Jaringan Wilayah Luas atau Wide Area Network (WAN), Jaringan tanpa kabel (Nirkabel / Wi-Fi), Internetwork. LAN (Local Area Network) LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti kampus, kantor, sekolah (Laboratorium), dll. Kebanyakan LAN ini berbasis IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, teknologi Ethernet kini telah berkembang menjadi teknologi 802.11b atau sering disebut Wi-fi. Tempat-tempat yang menyediakan jaringan LAN atau Wi-Fi biasa disebut Hotspot. Ciri-ciri LAN : Meliputi wilayah yang sempit/kecil Transfer data lebih cepat Berbagi perangkat keras (hardware) Berbagi perangkat lunak (software) Sharing sangat mudahMemudahkan komunikasi antar user Jarak jangkau hingga 1 Km (menurut Cisco) Keuntungan LAN : Biaya akses ke internet lebih murah, karena menggunakan server Informasi lebih banyak ditemukan oleh client / user Dapat saling tukar menukar komunikasi/data Bisa dijadikan workstation Kelemahan LAN : Jika menggunakan HUB akses akan lebih lambat, karena tebagi untuk client yang lain. Tidak Bisa dijadikan Server Jaringan LAN (Local Area Network) MAN (Metropolitan Area Network) Jaringan MAN merupakan jaringan LAN yang berukuran besar yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN diimplementasikan oleh sebuah perusahaan sebagai fasilitas publik, namun digunakan oleh individu maupun organisasi. Tingkat error dan delay pada jaringan MAN lebih tinggi daripada jaringan LAN, oleh karena itu MAN menghubungkan berbagai macam LAN dengan topologi yang berbeda. MAN hanya menggunakan satu atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui kabel output. MAN dipisah dari kategori khusus karena ada standarisasi dari IEEE untuk MAN yaitu DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau lebih dikenal dengan sebutan 802.6 Ciri-ciri dari jaringan MAN : Lingkup koneksi antar kota Menghubungkan banyak jaringan LAN Kecepatan koneksinya antara 10 Mbps-100 Mbps Lewat jaringan umum seperti satelit, telkom, ataupun gelombang radio Kelemahan dari Jaringan MAN : Jika ada troubleshooting sulit melakukan pengecekan / diagnosa Jaringan internet akan lambat jika lalu lintas jaringan padat Kelebihan dari jaringan MAN : Hemat biaya dan pengkabelan Mudah dikembangkan Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network) Jaringan WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang lebih luas sebagai contoh adalah jaringan komputer antar wilayah, antar Negara, maupun antar benua. Jaringan WAN ini bukan hanya terdiri dari media transmisi namun juga sejumlah router yang saling interkoneksi. WAN biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai tempat. WAN pada umumnya telah menggunakan satelit maupun kabel bawah laut. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan menjalankan program-program (aplikasi) pemakai/user. Ciri-ciri Jaringan WAN : Jangkauan geografisnya luas (antar wilayah, negara atau benua) Gabungan antara LAN dan WAN Kecepatan jaringan antara 10 Mbps-100 Mbps Melewati jaringan umum seperti satelit (VSAT), gelombang radio, umum Keuntungan Jaringan WAN : Server kantor pusat dapat dijadikan sebagai bank data dari kantor cabang Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-mail dan chat.Dokumen/file yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket kantor pos, dapat dikirim melalui email dan transfer file dari atau ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang murah dan dalam jangkauan waktu yang singkat Polling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang telah ditentukan oleh kantor tersebut Jaringan WAN (Wide Area Network) Jaringan Nirkabel (Wi-Fi) Jaringan nirkabel (wireless network) atau lebih modernnya disebut Wi-Fi adalah suatu jaringan lokal yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya, bukan lagi menggunakan kabel untuk memberikan sebuah koneksi internet ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Jarak jangkauannya tidak luas seperti contoh, dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Jaringan wireless network ini menggunakan frekuensi radio untuk berkomunikasi antar komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz ( 802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan WPA Kekurangan dari Jaringan Nirkabel Kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel telah menjadi topik perdebatan kita. Sistem keamanan yang dipakai oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protokol ini hanya dapat menyediakan sistem keamanan yang minimum dikarenakan kekurangannya yang serius. Pilihan lainnya adalah WPA, SSL, SSH, dan enkripsi piranti lunak lainnya. Jaringan Wi-Fi Internetwork Internet merupakan induk dari semua jaringan di seluruh dunia. Saat ini internet telah berfungsi sebagai jantung dari era informasi. Internet disebut induk dari semua jaringan karena kata Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan komputer yang lebih kecil, misal jaringan pendidikan, komersial, militer, individual, dll. Komponen dari internet adalah World Wide Web atau sering disingkat dengan (WWW). WWW sendiri adalah sister interkoneksi komputer dengan internet yang mendukung format multimedia. Dengan kata lain WWW adalah penghubung dari server-server di dunia dengan berbagai format data yang berbeda pula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s